5 Daerah Tujuan Wisata Favorit Saat Pandemi

paket tour dalam negeri

Survei GoLocal Domestic Travel untuk platform perjalanan digital Agoda mengeluarkan rilis mengenai informasi perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) pasca pandemi Covid-19. Melalui rilis yang diterima Kompas.com, terdapat lima daerah tujuan wisata (DTW) yang menjadi primadona wisnus yaitu Bali, Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya. Bali menempati posisi pertama disusul Jakarta, dan Yogyakarta. Survei ini juga menunjukkan bahwa delapan dari sepuluh wisatawan Indonesia sudah bersiap dan berencana pergi berlibur.

“Sebanyak 76 persen responden siap menjelajah kepulauan Indonesia dalam 12 bulan ke depan dan sangat bersemangat mengunjungi destinasi lokal,” tulis survei GoLocal Domestic Travel. Survei tersebut juga menunjukkan adanya pergeseran tren dari berwisata ke luar negeri menjadi wisata dalam negeri atau domestik. Hal tersebut dikarenakan beberapa negara yang masih menutup perbatasannya. Menurut survei, terdapat 65 persen wisatawan ingin mengunjungi destinasi lokal dalam satu tahun ke depan. Adapun wisatawan Vietnam dengan 87 persen tercatat yang paling inign bepergian. Posisi kedua diisi oleh wisatawan Indonesia sebanyak 76 persen dan Amerika Serikat sebanyak 74 persen.

Pemerintah Provinsi Bali mulai membuka sektor pariwisata bagi wisatawan domestik pada Jumat (31/7) dengan sejumlah persyaratan yang mengedepankan aspek kesehatan dan kualitas untuk memberi pelindungan, kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung selama masa pandemi Covid-19.

Jarak bepergian wisatawan Indonesia maksimal tiga hingga empat jam Survei juga menunjukkan bahwa di era kenormalan baru ini, sebanyak 44 persen wisatawan Indonesia paling nyaman bepergian dengan durasi perjalanan maksimal tiga hingga empat jam, dibandingkan dengan 46 persen rata-rata wisatawan dunia. Sementara itu, sebanyak 36 persen wisatawan memilih melakukan perjalanan selama dua jam, 15 persen memilih lima hingga delapan jam, dan 6 persen yang bersedia bepergian di atas delapan jam. Selain itu, survei membuktikan bahwa mengemudi kendaraan menjadi transportasi pilihan wisnus sebanyak 24 persen. Pilihan teratas diduduki transportasi udara sebanyak 57 persen.

Bali dan Yogyakarta masih jadi daerah tujuan wisata populer wisatawan Adanya pandemi Covid-19 membuat tren berwisata menjadi ke arah domestik atau lokal. Wisatawan nusantara masih mengincar Bali dan Yogyakarta sebagai DTW populer. Menurut survei, wisatawan bisa memuaskan keinginan berlibur dengan mengeksplorasi daerah mereka sendiri. Destinasi pilihan teratas bagi wisatawan Indonesia untuk petualangan mereka selanjutnya adalah pantai, pedesaan, alam dan perkotaan. Country Director Agoda, Gede Gunawan mengatakan, keinginan masyarakat Indonesia untuk berwisata tidak menyusut meski di tengah pandemi. Baca juga: Bali Buka Kunjungan Wisatawan,

“Mereka masih bersemangat menjelajah kepulauan kami yang sangat beragam. Alasan utama mereka berwisata adalah mencari ketenangan dan relaksasi, menikmati kuliner, hingga mengunjungi destinasi terkenal, semuanya ada di Indonesia,” katanya, “Entah menjelajah alam, berjemur di pantai-pantai yang cantik atau menikmati aneka kuliner setempat,” lanjutnya. Ia menambahkan, daya tarik wisata tersebut semuanya ada di Indonesia yang mana dapat ditempuh dengan penerbangan jarak dekat, naik kereta maupun mengemudi kendaraan pribadi. Survei juga membuktikan bahwa sebanyak 39 persen wisnus memilih pantai sebagai alasan utama mereka untuk bepergian. Posisi kedua yaitu wisata alam sebanyak 28 persen sesuai rata-rata global.

Hotel bintang empat dan lima paling dicari wisatawan Untuk klasifikasi hotel bintang, wisatawan lebih memilih hotel bintang empat dan lima untuk akomodasi liburan, diikuti dengan resort. Sementara itu, fasilitas yang paling dicari wisnus adalah kamar mandi pribadi, hiburan in-house, tempat untuk berkumpul dan kolam renang pribadi. Ada kompetisi fotografi Permata Kotaku Agoda Sebagai bahan kampanye GoLocal yang mendorong wisatawan untuk menjelajah destinasi terdekat serta penghematan hingga 25 persen di hotel seluruh Indonesia, Agoda meluncurkan kompetisi fotografi menangkap keindahan dan keragaman Indonesia bertemakan Permata Kotaku. Selain itu, GoLocal Agoda juga menawarkan diskon hingga 25 persen untuk akomodasi di seluruh dunia. Info lebih lengkap bisa mengunjungi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Daerah Tujuan Wisata Favorit Wisatawan Saat Pandemi, Bali Teratas”, Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2020/08/04/161000127/5-daerah-tujuan-wisata-favorit-wisatawan-saat-pandemi-bali-teratas?page=all.
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Kahfi Dirga Cahya

paket tour afrika

Afrika

4 tours

Afsel

1 tour
paket tour amerika

Amerika

3 tours
paket tour asean

ASEAN

15 tours
paket tour asia

ASIA

18 tours
paket tour australia

Australia

4 tours
paket tour bali

Bali

3 tours
paket tour china

China

2 tours
paket tour domestik

Domestik

17 tours
paket tour eropa

Eropa

8 tours
paket tour hong kong

Hong Kong

4 tours
paket tour india

India

2 tours
paket tour jepang

Jepang

2 tours

Jogja

1 tour

Kamboja

1 tour
paket tour korea

Korea Selatan

2 tours
paket tour lombok

Lombok

1 tour
paket tour Malaysia

Malaysia

7 tours

Maroko

1 tour

Mesir

1 tour

Promo

23 tours

Rusia

1 tour
paket tour selandia baru

Selandia Baru

1 tour
PAKET TOUR SINGAPURA

Singapura

5 tours
paket tour taiwan

Taiwan

2 tours
paket tour thailand

Thailand

6 tours

Timur Tengah

6 tours
paket tour turki

Turki

4 tours
paket umroh 9 hari

Umroh

1 tour
paket tour dubai

Uni Arab Emirates

2 tours
paket tour vietnam

Vietnam

3 tours

Leave a Reply

Paket Tour Promo Terbaru

paket liburan rusia

Paket Tour Rusia 7 Days

Customer Service

Dapatkan informasi dan konsultasi melalui layanan pelanggan di nomor Phone/WA :

+62 21 86249 28

+62 81284556772

Artikel Terbaru

Tips Travelling ke Jepang
9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Jepang
October 21, 2020
paket liburan bali murah
Tempat Wisata Bali Yang Jarang Diketahui
October 21, 2020
Paket Umroh Reguler
paket tour domestik
Butuh bantuan? Chat dengan kami