11 Objek Wisata di Banten Yang Jadi Favorit

objek wisata banten

Nah, bagi kalian yang belum tau tempat-tempat wisata mana saja di Banten yang sedang populer. SIlahkan dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata yang akan kalian kunjungi beberapa tempat wisata Banten ini.

Simak ulasan wisatabagus mengenai tempat wisata di Banten paling baru dan terpopuler di tahun 2020 berikut ini.

1. Pantai Anyer

Daftar objek wisata di Banten paling terkenal kami mulai dari pantai Anyer.

Pantai ini berlokasi di Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Jaraknya sekitar 45,9 kilometer dari pusat kota Serang dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam berkendara melalui Jl. Raya Pantura.

Pantai Anyer cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal, setiap harinya kawasan pantai ini selalu dipadati oleh puluhan hinga ratusan orang yang datang bersama keluarga ataupun teman-teman sekantor.

pantai-anyer-tempat-wisata-di-banten

Banyak juga wisatawan yang datang dari kota lainnya, terutama mereka para pelancong yang datang dari Jakarta. Biasanya wisatawan dari luar kota akan datang ke pantai ini di akhir pekan atau pada waktu musim libur panjang.

Pantai ini menawarkan suguhan panorama alam yang cukup indah. Pasir pantainya halus dan berwarna putih. Aman dan nyaman sebagai tempat bermain anak-anak ataupun orang dewasa.

Aktivitas wisata yang bisa kita lakukan di pantai ini antara lain bermain pasir, berenang menikmati air lautnya yang bersih dan segar, berselancar, snorkeling, dan permainan atau olahraga air lainnya.

Jika lapar, di sekitar kawasan pantai juga terdapat banyak warung penjual makanan dan minuman dengan menu utama masakan laut.

Kemudian bagi kalian yang ingin menginap di sekitar kawasan pantai.

Di sini juga tersedia penginapan berbentuk hotel ataupun homestay dengan tarif sewa beragam sesuai fasilitas. Tinggal kalian pilih saja sesuai dengan budget yang kalian miliki.

2. Gunung Krakatau

Mendaki gunung menjadi aktivitas yang tiada duanya bagi mereka yang hobi mendaki. Nah bagi kalian yang senang dengan aktivitas ini, kalian bisa mencoba tantangan mendaki gunung Krakatau di Banten.

gunung-krakatau-tempat-wisata-di-banten

Gunung ini memiliki tinggi sekitar 813 meter dari permukaan laut. Tidak terlalu tinggi memang, tapi daya tariknya selain jalur trekingnya yang menantang, kalian juga bisa mendaki sambil menikmati lanscape selat sunda yang terlihat kebiruan.

Tapi hati-hati, pada tahun 2018 kemarin gunung ini sempat meletus dan menewaskan banyak orang. Karena itu kalian harus menunggu waktu atau momen yang tepat dan paling aman untuk melakukan pendakian.

3. Pantai Sawarna

Pantai ini berjarak sekitar 169,9 kilometer dari pantai Anyer. Tergolong pantai baru di Banten sehingga keberadaannya masih belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

pantai-sawarna-tempat-wisata-di-banten

Namun akhir-akhir ini, pantai Sawarna mulai mendapat kunjungan stabil setelah banyak wisatawan luar negeri menjadikannya sebagai lokasi berselancar. Gelombang ombaknya cukup besar sehingga sangat bersahabat untuk kegiatan tersebut.

Di pantai ini juga sudah mulai dibangun beberapa hunian untuk menampung para wisatawan yang ingin bermalam. Warung penjual makanan pun sudah mulai didirikan di sekitar kawasan pantai dengan beragam menu khas masakan laut.

Pantai Sawarna menjadi salah satu pantai yang menjadi icon wisata di Banten. Karena Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putihnya dan batu-batuan di pinggir pantainya.

4. Pulau Umang

Seperti tertulis di awal artikel ini, Banten memiliki objek wisata yang beragam. Tidak hanya pantai ataupun pegunungan, tapi juga pulau seperti objek wisata pulau Umang Banten ini.

Di sini kalian bisa menikmati berbagai aktivitas seru dan menyenangkan antara lain bermain air atau berenang di tepian pantai pulau Umang.

Anda dapat berenang di kolam renang, karokean di fasilitas karaoke yang disediakan, berolahraga, hingga mengadakan meeting di meeting room yang tersedia.

Pulau ini memiliki luas sekitar 5 Ha. Jarak terdekat untuk mengaksesnya ialah dari pantai Tanjung Lesung Banten. Atau kalau dari Jakarta, jarak tempuh untuk sampai di pulau ini sekitar 180 kilometer.

5. Pantai Tanjung Lesung

Salah satu pantai yang cukup terkenal di Banten setelah pantai Anyer adalah pantai Tanjung Lesung.

Jaraknya sekitar 108 kilometer dari Jakarta. Pantai ini berpasir putih, air lautnya juga bersih sehingga kita bisa melihat langsung beragam jenis batu karang dan biota laut lainnya dari permukaan.

Di sekitar kawasan pantai sudah tersedia penginapan baik berupa homestay dan villa sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin menginap. Begitupun dengan warung penjual makanan yang berjejer di sekitar lokasi.

Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai Tanjung Lesung ini antara lain memancing, snorkeling, bermain pasir, dan beragam jenis olahraga air.

6. Kampung Badui

Pernah dengar bahwa di Indonesia masih ada beberapa kampung yang penduduknya tetap keukeuh menjaga adat istiadat dan menghindar dari gegap gempita kehidupan kota metropolitan?

Kalau pernah namun belum melihat secara langsung bagaimana kehidupan mereka, maka kalian bisa mencoba mengunjungi kampung Badui di Pandeglang, Banten.

Di sini kalian akan menemukan kehidupan masyarakat yang teguh memegang adat leluhur ditengah gempuran godaan kehidupan modern saat ini.

Kampung badui dihuni oleh masyarakat asli Banten yang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya tak pernah lepas dari adat budaya suku Sunda.

Yang membuatnya menarik untuk kunjungan wisata adalah kawasan perkampungannya yang masih sangat alami dengan rumah-rumah tradisional yang terbuat dari anyaman bambu dan daun kelapa.

Di sini kalian bisa menyegarkan fikiran dengan menikmati bentangan alam yang hijau dan asri. Atau juga mengambil beberapa jepretan kamera di beberapa spot unik untuk menambah koleksi foto-foto di akun Istagram kalian.

Sebagai informasi tambahan, saat ini kampung Badui berpenghuni sekitar 8000 jiwa yang terbagi ke dalam dua suku besar.

Suku pertama ialah suku Badui dalam yang benar-benar tak tersentuh oleh pengaruh kehidupan modern, dan yang kedua adalah suku badui luar yang tetap menjaga adat budaya namun tidak terlalu menutup diri dari kehidupan luar.

Sampai saat ini desa Badui masih menjadi icon wisata alam di Banten yang selalu ramai didatangi para wisatawan dari lokal maupun mancanegara.

7. Sungai Ciberang

Jika kalian adalah penyuka olahraga arung jeram, maka jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mendatangi objek wisata sungai Ciberang di Banten.

Di sini kalian bisa menyalurkan hobi kalian itu dengan track arung jeram yang menantang disertai latar pemandangan daerah pegunungan yang menyejukkan.

Sungai Ciberang beralamat di Kp, Raya Muhara, Ciladaeun, Lebakgedong, Lebak Regency, Banten 42372. Jaraknya dari kota Serang adalah sekitar 81, 8 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu dua setangah jam berkendara.

Namun akses jalan menuju lokasi sampai saat ini masih kurang baik, jalanannya berkelok dan agak curam sehingga kalian harus benar-benar hati-hati dan tetap waspada di tengah perjalanan.

8. Pulau Burung

Selain pulau Umang, Banten juga masih memiliki pulau lain yang sering dijadikan tujuan wisata oleh para pelancong. Pulau ini bernama pulau burung. Jaraknya sekitar 7 jam perjalanan dari Jakarta.

Yang unik dan menjadi daya tarik pulau ini adalah keberadaan cagar alam berukuran 30 Ha yang menjadi tempat singgah bagi berupa-rupa burung dari berbagai belahan dunia.

Namun untuk dapat melihat lebih banyak burung, kalian harus menunggu waktu yang tepat yakni pada rentang bulan April hingga Agustus.

Di bulan-bulan tersebut, kalian akan menemukan beraneka macam jenis dan bentuk burung datang dan mendiami pulau ini.

9. Pulau Sangiang

Ada satu lagi pulau wisata yang sangat sayang untuk dilewati apabila kalian berkunjung ke banten, yaitu pulau Sangiang. Jaraknya tidak jauh dari pantai Anyer Banten dan bisa diakses dari pantai tersebut dalam waktu 45 menit menggunakan perahu nelayan.

Pulau ini dimiliki oleh pihak swasta yang memang sengaja menjadikannya sebagai tempat rekreasi. Karena itu, di pulau ini kalian bisa melakukan beragam kegiatan wisata dengan dukungan fasilitas yang cukup lengkap.

Di pulau yang berukuran sekitar 700 Ha ini kalian bisa berkemah, mendaki gunung, memancing, berenang di tepian pantainya, bersepeda, ataupun snorkeling menjelajah bawah lautnya.

Terdapat juga onggokan benteng jepang peninggalan perang dunia yang bisa kalian eksplore di pulau ini.

10. Pantai Carita

Sebenarnya pantai carita harus menempati urutan pertama pada artikel daftar tempat wisata di Banten ini. Namun anehnya, kami baru mengingatnya setelah mengulas tentang pulau Sangiang. Ya tidak apa-apalah ya, he he.

Pantai Carita pantas masuk ke dalam jajaran objek wisata terfavorit yang ada di Banten.

Alasannya karena selain merupakan kawasan wisata dengan pemandangan indah nan memukau, pantai Carita juga memiliki basis penggemar yang sangat banyak.

Setiap hari tak kurang dari ratusan wisatawan selalu memadati areal pantai Carita.

Mereka sepertinya terbius dengan keindahan pantai Carita yang berpasir putih, berair jernih dan memiliki kawasan pantai yang sejuk.

Selain itu pemandangan yang tak kalah menakjubkan yang bisa kita nikmati dari lokasi pantai Carita adalah gugusan gunung krakatau yang tampah gagah kehijauan.

Memandangnya dari tepian pantai Carita begitu terasa sempurna, apalagi dikala cuaca sedang cerah.

Di pantai Carita kalian bisa melakukan aktivitas wisata apapun yang kalian inginkan. Fasilitas umum juga sudah tersedia di sekitar kawasan untuk memberi kenyamanan dan kemudahan bagi semua wisatawan.

Kalian bisa mengakses pantai ini dengan menempuh perjalan selama kurang lebih tiga setengah jam dari Jakarta.

Atau jika kalian sudah berada di kota Serang, maka kalian hanya memerlukan waktu sekitar satu jam setengah untuk sampai di lokasi pantai Carita.

Oh ya. Pantai paling favorit di Banten ini beralamat lengkap di Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten 42264, Indonesia.

11. Masjid Agung Banten

Untuk menutup atau mengakhiri perjalanan wisata di Banten, apalagi bagi kalian yang beragama Islam, maka tidak ada tempat lain yang lebih sempurna selain ke Masjid Agung Banten.

Ya. Selain dapat mempelajari sejarah peradaban Islam, di masjid yang telah berumur puluhan tahun ini kalian juga bisa menikmati indahnya bangunan masjid yang dibangun mengikuti 4 gaya arsitektur dunia.

Arsitektur Masjid Agung Banten memang dibangun berdasarkan 4 gaya, yakni Hindu, Jawa, China, dan Eropa.

Masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Banten. Masjid ini sama tenarnya dengan masjid-masjid peninggalan sunan Gunung Jati sebagai anggota Walisongo yang menyebarkan islam di wilayah Jawa Barat.

masjid-agung-tempat-wisata-di-banten

Selain bangunan masjid, wisata religi di Banten dengan mengunjungi Masjid Agung juga bisa menambah pengetahuan kalian terhadap peninggalan kerajaan Islam yang pernah berdiri di Nusantara.

Ada juga makam-makam orang alim yang dulunya berjasa sebagai penyebar agama Islam di Jawa yang bisa kalian ziarahi.

Masjid agung Banten berlokasi di Desa Banten Lama. Jaraknya dari kota Serang adalah sekitar 10 kilometer ke arah utara.

Rute terdekat untuk sampai di sana ialah melalui Terminal Pakupatan menggunakan bis jurusan Banten Lama, ataupun dengan angkutan kota dengan waktu perjalanan kurang lebih setengah jam

Wah. Ternyata banyak juga wisata di Banten yang indah dan seru untuk dikunjungi ya?

paket tour domestik

Leave a Reply

Paket Tour Terbaru

paket wisata dieng

Paket Tour Jakarta Dieng 3 Hari

paket tour garut

Paket Tour Garut 3 Hari Start Jakarta

paket liburan rusia

Paket Tour Rusia 7 Days

Customer Service

Dapatkan informasi dengan melalui layanan pelanggan kami di nomor dibawah ini

+62 21 86249 28079

+62 8211 0505 766

Butuh bantuan? Chat dengan kami